Kumpulan Doa-Doa di Dalam Al-Quran Lengkap (3)


Kumpulan Doa 3
Kumpulan Doa 3

32. Doa Nabi Yunus ‘alaihissalam saat di dalam perut ikan

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 87)

33. Doa Nabi Zakariyya ‘alaihissalam agar memperoleh keturunan

Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: "Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 89)
34. Doa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menghadapi pertentangan penduduk Mekkah

(Muhammad) berkata: "Ya Tuhanku, berilah keputusan dengan adil. Dan Tuhan kami ialah Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Yang dimohonkan pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu katakan." (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 112)

35. Doa Nabi Nuh ‘alaihissalam menghadapi kaumnya

Nuh berdoa: "Ya Tuhanku, tolonglah aku, karena mereka mendustakan aku." (Q.S. Al-Mu’minuun : 26)

36. Doa Nabi Nuh ‘alaihissalam ketika berada di atas bahtera

Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat." (Q.S. Al-Mu’minuun : 29)

37. Doa Nabi Hud ‘alaihissalam menghadapi kaumnya

Rasul itu berdoa: "Ya Tuhanku, tolonglah aku karena mereka mendustakanku." (Q.S. Al-Mu’minuun : 39)

38. Doa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Katakanlah: "Ya Tuhanku, jika Engkau sungguh-sungguh hendak memperlihatkan kepadaku azab yang diancamkan kepada mereka, ya Tuhanku, maka janganlah Engkau jadikan aku berada di antara orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Mu’minuun : 93-94)

39. Doa Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam

Dan katakanlah: "Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku." (Q.S. Al-Mu’minuun : 97-98)

40. Doa segolongan hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Sesungguhnya, ada segolongan dari hamba-hamba-Ku berdoa (di dunia): "Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Mu’minuun : 109)

41. Doa memohon ampunan dan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Dan katakanlah: "Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah Pemberi rahmat Yang Paling baik." (Q.S. Al-Mu’minuun : 118)

42. Doa dijauhkan dari azab Jahannam

Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal." Sesungguhnya jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman. (Q.S. Al-Furqaan : 65-66)
43. Doa hamba Allah Ta’ala untuk mencapai kemuliaan

Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Q.S. Al-Furqaan : 74)

44. Doa Nabi Ibrahim ‘alaihissalam

(Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh, dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan, dan ampunilah bapakku, karena sesungguhnya ia adalah termasuk golongan orang-orang yang sesat, dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan, (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih, (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 83-89)

45. Doa Nabi Nuh ‘alaihissalam memghadapi kaumnya

Nuh berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah mendustakan aku; maka itu adakanlah suatu keputusan antaraku dan antara mereka, dan selamatkanlah aku dan orang-orang yang mukmin besertaku." (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 117-118)

46. Doa Nabi Luth ‘alaihissalam ketika melihat perbuatan kaumnya melakukan seks sesama jenis

(Luth berdoa): "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan." (Q.S. Asy-Syu’araa’ : 169)

47. Doa Nabi Sulaiman ‘alaihissalam atas karunia yang diperolehnya dari Allah Ta’ala

maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." (Q.S. An-Naml : 19)
48. Doa Nabi Musa ‘alaihissalam ketika menyesali perbuatannya karena memukul seseorang hingga meninggal dunia

Musa mendoa: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku." Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Musa berkata: "Ya Tuhanku, demi nikmat yang telah Engkau anugerah- kan kepadaku, aku sekali-kali tiada akan menjadi penolong bagi orang- orang yang berdosa." (Q.S. Al-Qashash : 16-17)

49. Doa Nabi Musa ‘alaihissalam ketika hendak meninggalkan Mesir setelah peristiwa pembunuhan

Maka keluarlah Musa dari kota itu dengan rasa takut menunggu-nunggu dengan khawatir, dia berdoa: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu." (Q.S. Al-Qashash : 21)

50. Doa Nabi Musa ‘alaihissalam ketika menuju negeri Madyan

Dan tatkala ia menghadap kejurusan negeri Mad-yan ia berdoa (lagi): "Mudah-mudahan Tuhanku memimpinku ke jalan yang benar." (Q.S. Al-Qashash : 22)

51. Doa Nabi Musa ‘alaihissalam setelah menolong dua orang perempuan yang hendak memberi minum ternaknya

Maka Musa memberi minum ternak itu untuk (menolong) keduanya, kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku." (Q.S. Al-Qashash : 24)

52. Doa Nabi Luth ‘alaihissalam untuk kaumnya yang berbuat sesat

Luth berdoa: "Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu." (Q.S. Al-‘Ankabuut : 30)

53. Doa Nabi Ibrahim ‘alaihissalam agar mendapatkan anak yang sholih

Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (Q.S. Ash-Shaaffaat : 100)

Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment