Sebelum Abraham Lahir Yesus Sudah Ada, Apakah Membuktikan Ketuhanan Yesus?



Sebelum Abraham Lahir Yesus Sudah Ada
Sebelum Abraham Lahir Yesus Sudah Ada

Umat Kristen berulang kali menegaskan bahwa Yesus itu adalah Tuhan, mereka mengagungkan sosok Yesus Kristus dan menyembahnya layaknya memang seorang Tuhan. Mereka menggunakan berbagai cara untuk membuktikan akidah mereka benar, mereka terus berusaha membuktikan bahwa Kristen itu benar, mereka terus membuktikan bahwa Yesus memanglah Tuhan. Mereka menggunakan berbagai cara, baik itu menggunakan Alkitab, dan mereka juga tidak segan-segan menggunakan Al-Quran untuk membuktikan kebenaran akidah mereka. Salah satu cara yang mereka gunakan adalah ayat yang menyatakan bahwa Yesus sudah ada sebelum Abraham (Ibrahim) ada. Bunyi ayat tersebut adalah,

Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada." (Yohanes 8 : 58)
Kalau tidak percaya dengan kutipan ayat di atas silahkan buka Alkitab anda, baik itu versi King James ataupun lainnya. Lalu bagaimana tanggapan saya mengomentari ayat tersebut? Ayat tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan ketuhanan Yesus, ayat Yohanes pasal 8 ayat 58 tersebut tidak ada hubungannya dengan ketuhanan Yesus. Jika Yesus sudah ada sebelum Abraham lalu bagaimana anda menanggapi ayat ini? Di mana Yesus saat itu dan bagaimana? Apakah dia bersama Tuhan? Ya saya setuju dia bersama Tuhan kala itu, begitu pula saya dan anda, kita semua saat itu bersama Tuhan.

Pernyataan itu tidak jauh beda dengan ayat di bawah ini,

"Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa. (Yeremia 1 : 4-5)
Bagaimana mungkin mungkin seseorang sebagai seorang nabi padahal dia belum berada di rahim ibunya? Bagaimana mungkin ini bisa terjadi? Sama halnya dengan yang sebelumnya bahwa dia bersama Tuhan. Kesimpulannya di dalam pengetahuan Tuhan, Yesus ada, Yeremia ada, Musa ada, Muhammad ada, begitu pula anda, saya dan semuanya sudah ada. Di dalam pengetahuan Tuhan, Dia sudah mengetahui segala sesuatu sebelum Dia menciptakan Adam, bahkan sebelum menciptakan langit dan bumi. Tuhan sudah tahu bahwa saya akan menjelaskan ini kepada anda dan Tuhan juga sudah tahu bahwa anda telah melihat tulisan ini. Tapi secara fisiknya, di dalam bentuknya hanya Tuhan sajalah yang tahu.

Jadi kesimpulannya, di dalam pengetahuan Tuhan, Yesus sudah ada sebelum Abraham ada. Bahkan Jokowi dan Susilo Bambang Yudhoyono juga sudah ada sebelum Abraham. Itulah pengetahuan Tuhan, kita tidak tahu dalam bentuk apa dan bagaimana, akan tetapi itulah Tuhan. Tuhan Maha Mengetahui, baik yang masa lalu maupun masa sekarang. Karena tidak mungkin secara fisik Yesus ada sebelum Abraham lahir, sedangkan Yesus sebelumnya berada di dalam kandungan ibunya.

Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya. (Lukas 2 : 21)

Jadi, pernyataan Yesus sudah ada sebelum Abraham lahir tidaklah membuktikan sama sekali tentang ketuhanan Yesus. Maka dari itu jikalau kita menggunakan penalaran, logika dan secara ilmiah maka kesimpulan ketuhanan Yesus tidak akan masuk akal. Terlebih-lebih lagi jika kita hubungkan dengan Yohanes 8 : 58. Yang ingin saya tekankan lagi di sini adalah, tidak ada satu pernyataan jelaspun di Alkitab yang menyatakan ketuhanan Yesus, tidak pernah kita jumpai di Alkitab Yesus berkata “Akulah Tuhan” atau “Sembahlah aku”, karena memang dia bukanlah Tuhan, dia hanyalah seorang utusan Allah kepada Bani Israil (Orang Israel).
Semoga Allah memberi hidayah kepada orang-orang Kristen untuk memeluk agama Islam.
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment