(19) Kisah Nabi Ilyas 'Alaihissalam Lengkap

Kisah Nabi Ilyas 'alaihissalam
Kisah Nabi Ilyas 'alaihissalam


Di sebuah daerah yang bernama "Ba'labak" (sekarang berada di Libanon) hidup sekumpulan kaum bani Israil. Mereka disesatkan oleh setan sehingga berpaling dari jalan Allah dan menyembah patung yang bernama "Ba'l", maka Allah Subhaanahu wa Ta'ala mengutus kepada mereka seorang nabi dari kalangan mereka bernama Ilyas 'alaihis salam.

(Baca Juga : Ayat Al-Quran Tentang Malaikat Jibril)

Mulailah Ilyas mengajak kaumnya kepada Allah 'Azza wa Jalla, lalu segolongan dari mereka beriman, sedangkan sebagian lagi mendustakan beliau, bahkan sampai hendak membunuhnya.


Allah Subhaanahu wa Ta'ala telah mencatat kisah Ilyas dalam Al Qur'an sebagai berikut:


"Dan sesungguhnya Ilyas benar-benar termasuk salah seorang rasul-rasul.-- (Ingatlah) ketika ia berkata kepada kaumnya, "Mengapa kamu tidak bertakwa?--Patutkah kamu menyembah Ba'l dan kamu tinggalkan sebaik-baik Pencipta,--(yaitu) Allah Tuhanmu dan Tuhan bapak-bapakmu yang terdahulu?"--Maka mereka mendustakannya, karena itu mereka akan diseret (ke neraka),--Kecuali hamba-hamba Allah yang dibersihkan (dari dosa).--Dan Kami abadikan untuk Ilyas (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian.--(yaitu), "Kesejahteraan dilimpahkan atas Ilyas?"--Sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.---Sesungguhnya dia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman." (Terj. QS. Ash Shaaffaat: 123-132)


Dalam ayat lain Allah Subhaanahu wa Ta'ala memuji Ilyas karena keikhlasannya dalam beribadah dan karena ihsannya Beliau dalam beramal. Allah Ta'ala berfirman, "Dan Zakaria, Yahya, Isa dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang saleh." (Terj. QS. Al An'aam: 85)


(Baca Juga : Tempat Yang Tidak Hancur Saat Kiamat?)

Selesai dengan pertolongan Allah dan taufiq-Nya, wa shallallahu ‘alaa nabiyyinaa Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.
Oleh : Marwan bin Musa

Maraji': Al Qur'anul Karim, Mausu'ah Al Usrah Al Muslimah (www.islam.aljayyash.net), Shahih Qashashil Anbiya' (Ibnu Katsir, Takhrij Salim Al Hilali) .
Share on Google Plus

- Yusri Triadi

liputanalquran.com
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment